Langsung ke konten utama

Mesin Motor RX-king Berisik?Ini Penyebabnya.

Suara berisik pada motor Rx-king yang terdengar krosok..krosok disebabkan adanya sesuatu yang bergesekan dan saling beradu pada komponen mesinnya namun suara tersebut tidak begitu berpengaruh dengan performa dan tarikannya yang masih tetap mantap,Meskipun performanya masih mantap pastinya sampeyan pun nggak berani buka gasnya sampai full karena khawatir terjadi hal yang tidak di inginkan dengan kondisi mesin dan suara berisiknya yang nantinya mesin malah tambah parah deh he...

Belah mesin ganti Bearing Kruk As : Foto M_aris 

Mengatasi mesin 2 tak,termasuk motor yamaha Rx-king dan kawan-kawannya he...suara berisik tersebut di sebabkan dari beberapa kemungkinan karena kalau hanya mendeteksinya lewat suara saja,suara tersebut tidak sepenuhnya mewakili bahwa penyebabnya dari komponen ini itu,namun menurut pengalaman saya pribadi,gini-gini juga saya kan mekanik he...mekanik bengkelkampoeng dan sering menagani hal yang seperti ini,suara krosok-krosok "bahasa na kumaha nya,rada susah nga jelasken na pokonamah ngorosok weh" ( bahasanya bagaimana ya agak sulit juga menjelaskannya yang pasti suaranya ngerosok gitu)  suara tersebut di sebabkan dari komponen bagian dalam crankcase nya yaitu Bearing kruk As nya sudah oblak parah.

Untuk mengatasinya harus dengan cara membongkar mesinnya (Turun mesin),Setelah mesinnya di bongkar di sana jelas kelihatan Bearing Kruk As dengan Kode Bearing nya 6304-6205 sudah pada oblak,dan Bearing ini lah yang menjadi penyebabnya.

Untuk antisipasi mumpung slagi mesinnya di bongkar supaya tidak ada lagi rasa kekhawatiran setelah mesinnya di pasang nanti alangkah baik nya semua komponen di dalam mesin tersebut di periksa,karena tidak menutup kemungkinan masih ada komponen lainnya yang juga turut serta memperkeruh suasana he..penyebab suara ngerosok tersebut,di antaranya sbb :

Periksa kondisi Piston/seher dan Blok Sehernya.

Kondisi piston/seher yang longgar selain menyebabkan suara berisik,juga mengurangi performa mesin itu sendiri dan otomatis tenaganya pun tak seperkasa dulu lagi alias drop he... di sebabkan kompresinya yang sudah tidak padat lagi alias bocor sehingga tenaganya menjadi ngempos,untuk mengatasinya bisa dengan hanya mengganti Ring sehernya saja,tentunya dengan Ring seher yang Diameternya se ukuran,namun jika di temukan goresan-goresan pada dinding liner nya apalagi goresannya teramat dalam saya sarankan di over size atau di korter.

Periksa Stang Piston/Sehernya (Conecting road).

kondisi stang Piston/Seher yang oblak memang menimbulkan suara berisik dan ngelotok,namun tarikan dan tenaganya tidak terpengaruh dengan kondisi stang piston/seher yang oblak tersebut,tetapi ini hanya sekedar saran saja sebaiknya kalau memang setang sehernya oblak ya di ganti baru saja,supaya ketika mesin motor yamaha Rx-king ini selesai di pasangkan tidak ada lagi keraguan dan khawatir bahwa mesin tersebut memang sudah dalam kondisi prima segar bugar he... 

Periksa Karet Koplingnya (Cluth Rubber).

Suara rumah kopling yang oblak ini juga sangat berisik  ketika mesin sedang di hidupkan,suara nya persis seperti suara setang sehernya yang oblak dan berbunyi klotok..klotok..tetapi suaranya bisa teredam bukan hilang ketika handel koplingnya di tarik,dan kembali berbunyi klotok..klotok ketika koplingnya di lepas,jika terus di biarkan maka motor yamaha Rx-king tersebut akan bergetar ketika awal mau jalan saat gigi di masukan,dan komponen ini pun sebaiknya di ganti baru.

Terimakasih,demikian posting Mesin Motor RX-King Berisik?Ini penyebabnya,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger