Langsung ke konten utama

Mendeteksi Suara Ngelitik Di Mesin Honda Glpro

Kletrek Kletrek Terdengar Suara Ngeletrek Didalam Mesin Blok Silinder Head Glpro Apalagi ketika Diajak Jalan Terasa Berisik Sekali Dan Tarikannya pun Rada Kurang Bertenaga Membuat Tidak nyaman Sipengendara Motor Tersebut Bahkan Anda Sekalipun Tidak akan Merasa Nyaman Bila Mesin Motor Glpro Kesayangan Anda Ada Suara Tersebut,Betul APa Betul..

Ok,kali ini Saya akan berbagi Tips,Mengenai Bagaimana Cara menghilangkan,Apa Yang Menjadi penyebabnya,Hingga Motor Glpro Kesayangan Anda Menjadi Berisik Atau Ngeletrek,Tapi Alangkah Baiknya Sebelum Anda Atau Agan Agan Melakukan Penggantian Sparepartsnya,Karena Dengan Yakinnya Bahwa Part Itulah Yang Menjadi Penyebabnya,Seringkali Dalam Mendeteksi Suara Ngeletrek Tersebut Berujung Salah Prediksi,Dan Penggantian Spareparts pun Akan Sia Sia

Bearing Noken As dalam penyebab ngeletrek : Foto m_aris

Contohnya Motor Glpro Yang Saya Perbaiki Sekarang Ini,Ada Yang Berprediksi Bahwa Suara Tersebut Disebabkan Karena Rantai Camrat/Sentriknya,Karena Agan Agan Percaya Sama Bengkel Nggak Mungkinlah Mekanik Tersebut Membohongi Pelanggannya,Namun Setelah Penggantian Rantai Sentriknya Selesai Dan Mesinnya Dihidupkan Kembali,Suara Ngeletreknaya Masih Tetap Ada,Dan Terdengar Masih Berisik,Pastinya Agan Agan Agak Kecewa Juga,Dan  akhirnya Diganti Ini Itu,Yang Membuat Dana Agan Agan Jadi Membengkak,Tapi Agan Agan Jangan Marah Ya Sama Mekaniknya Hehehe...toh sparepartsnya Udah Pada Diganti Ini,Jadi pada Baru Semua Sparepartsnya,Tipsnya kita langsung membuka mesinnya

BONGKAR GIGI SENTRIKNYA.

Pertama Kita Buka terlebih Dahulu Tutup Gigi Sentriknya Yang Atas,Pastinya Disebelah kiri,Tepatnya Diblok Head Glpro,semua Type Honda Glseries,Lalu periksa Tingkat Kekencangan Sentriknya,Bisa Saja Dari Setelan Sentriknya Yang kendor,Yang Menyebabkan Suara Ngeletrek Tersebut,Dan Jangan Terlalu Kencang Juga,Karena menyebabkan Terlalu berat Buat Tarikan Mesinnya Dan Suaranya Pasti Ngiung.. ngiung...Itupun Buat Glpro Yang Masih Menggunakan Setelan Sentriknya Yang Manual,Setelannya (Tensioner)Yang Ada Dibawah,tepatnya diblok Mesinnya,kalau Yang Glpro Keluaran Terbaru Setelannya (Tensioner) Ada Dibelakang Blok Seher,Itu setelannya Sudah Otomatis sendiri,Kalau dirasa Semuanya ok,Kita lanjut Ketahap Berikutnya.

BUKA NOKEN AS (camshaft) NYA.

Untuk Membuka Noken As (camshaft) terlebih Dahulu Kita buka Baut Pengikat Gigi sentriknya Yang Menggunakan Baut 10mm Yang Jumlahnya ada dua,Posisinya gigi sentriknya harus nge top dulu,Yang ada Tanda Titik Bulatnya,Posisikan Di Atas, Seperti Dan selanjutnya,Kendorkan setelan sentriknya,Untuk memudahkan mengeluarkan gigi sentriknya.Lalu Buka Noken as nya,Caranya dengan dipasangkan kembali Baut pengikat gigi sentriknya Yang Dua Tadi,Dan ditariknya Keluar,Kalu agak Seret Membukanya Dibantu Dengan Menconkelnya Menggunakan Obeng Min,Setelah Noken asnya Bisa Dilepaskan,Periksa yang Teliti,Bisa saja penyebabnya Dari Noken as Yang Sudah Aus,Dan ternyata Noken as nya Seperti ini,Dan harus Diganti.

PERIKSA BEARING NOKEN AS.

Masih Ada Tahap selanjutnya,yaitu bearing noken as nya yang Menempel,diblok headnya,Dari sana pun dapat menyebabkan Suara yang Berisik dan Ngeletrek,ketika bearingnya sudah oblak dan seret,Kalau sudah oblak,Gantilah Dengan Yang Baru,Setelah Semuanya Diperiksa,Dan Hasilnya Memang Harus diganti,maka Gantilah,Dengan Yang Baru dan setelah semua prosesnya selesai tahap demi tahap,Pasangkan Kembali dan Disetting seperti semula,Lalu kita cek Hidupkan Mesinnya,Dan Hasilnya ,Suara Mesin terdengar Halus sekali,Selembut Sutera hehehe...Sekian

Terimakasih,semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb


Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger