Kletrek Kletrek Terdengar Suara Ngeletrek Didalam Mesin Blok Silinder Head Glpro Apalagi ketika Diajak Jalan Terasa Berisik Sekali Dan Tarikannya pun Rada Kurang Bertenaga Membuat Tidak nyaman Sipengendara Motor Tersebut Bahkan Anda Sekalipun Tidak akan Merasa Nyaman Bila Mesin Motor Glpro Kesayangan Anda Ada Suara Tersebut,Betul APa Betul..
Ok,kali ini Saya akan berbagi Tips,Mengenai Bagaimana Cara menghilangkan,Apa Yang Menjadi penyebabnya,Hingga Motor Glpro Kesayangan Anda Menjadi Berisik Atau Ngeletrek,Tapi Alangkah Baiknya Sebelum Anda Atau Agan Agan Melakukan Penggantian Sparepartsnya,Karena Dengan Yakinnya Bahwa Part Itulah Yang Menjadi Penyebabnya,Seringkali Dalam Mendeteksi Suara Ngeletrek Tersebut Berujung Salah Prediksi,Dan Penggantian Spareparts pun Akan Sia Sia
Bearing Noken As dalam penyebab ngeletrek : Foto m_aris |
Contohnya Motor Glpro Yang Saya Perbaiki Sekarang Ini,Ada Yang Berprediksi Bahwa Suara Tersebut Disebabkan Karena Rantai Camrat/Sentriknya,Karena Agan Agan Percaya Sama Bengkel Nggak Mungkinlah Mekanik Tersebut Membohongi Pelanggannya,Namun Setelah Penggantian Rantai Sentriknya Selesai Dan Mesinnya Dihidupkan Kembali,Suara Ngeletreknaya Masih Tetap Ada,Dan Terdengar Masih Berisik,Pastinya Agan Agan Agak Kecewa Juga,Dan akhirnya Diganti Ini Itu,Yang Membuat Dana Agan Agan Jadi Membengkak,Tapi Agan Agan Jangan Marah Ya Sama Mekaniknya Hehehe...toh sparepartsnya Udah Pada Diganti Ini,Jadi pada Baru Semua Sparepartsnya,Tipsnya kita langsung membuka mesinnya
BONGKAR GIGI SENTRIKNYA.
Pertama Kita Buka terlebih Dahulu Tutup Gigi Sentriknya Yang Atas,Pastinya Disebelah kiri,Tepatnya Diblok Head Glpro,semua Type Honda Glseries,Lalu periksa Tingkat Kekencangan Sentriknya,Bisa Saja Dari Setelan Sentriknya Yang kendor,Yang Menyebabkan Suara Ngeletrek Tersebut,Dan Jangan Terlalu Kencang Juga,Karena menyebabkan Terlalu berat Buat Tarikan Mesinnya Dan Suaranya Pasti Ngiung.. ngiung...Itupun Buat Glpro Yang Masih Menggunakan Setelan Sentriknya Yang Manual,Setelannya (Tensioner)Yang Ada Dibawah,tepatnya diblok Mesinnya,kalau Yang Glpro Keluaran Terbaru Setelannya (Tensioner) Ada Dibelakang Blok Seher,Itu setelannya Sudah Otomatis sendiri,Kalau dirasa Semuanya ok,Kita lanjut Ketahap Berikutnya.
BUKA NOKEN AS (camshaft) NYA.
Untuk Membuka Noken As (camshaft) terlebih Dahulu Kita buka Baut Pengikat Gigi sentriknya Yang Menggunakan Baut 10mm Yang Jumlahnya ada dua,Posisinya gigi sentriknya harus nge top dulu,Yang ada Tanda Titik Bulatnya,Posisikan Di Atas, Seperti Dan selanjutnya,Kendorkan setelan sentriknya,Untuk memudahkan mengeluarkan gigi sentriknya.Lalu Buka Noken as nya,Caranya dengan dipasangkan kembali Baut pengikat gigi sentriknya Yang Dua Tadi,Dan ditariknya Keluar,Kalu agak Seret Membukanya Dibantu Dengan Menconkelnya Menggunakan Obeng Min,Setelah Noken asnya Bisa Dilepaskan,Periksa yang Teliti,Bisa saja penyebabnya Dari Noken as Yang Sudah Aus,Dan ternyata Noken as nya Seperti ini,Dan harus Diganti.
PERIKSA BEARING NOKEN AS.
Masih Ada Tahap selanjutnya,yaitu bearing noken as nya yang Menempel,diblok headnya,Dari sana pun dapat menyebabkan Suara yang Berisik dan Ngeletrek,ketika bearingnya sudah oblak dan seret,Kalau sudah oblak,Gantilah Dengan Yang Baru,Setelah Semuanya Diperiksa,Dan Hasilnya Memang Harus diganti,maka Gantilah,Dengan Yang Baru dan setelah semua prosesnya selesai tahap demi tahap,Pasangkan Kembali dan Disetting seperti semula,Lalu kita cek Hidupkan Mesinnya,Dan Hasilnya ,Suara Mesin terdengar Halus sekali,Selembut Sutera hehehe...Sekian
Terimakasih,semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb
Mantap...
BalasHapusSiplah..
BalasHapusboleh juga..
BalasHapus