Langsung ke konten utama

Kawasaki Ninja 250 Brebet?Coba Periksa Karburatornya.

Kawasaki ninja 250 Brebet?Coba Periksa Karburatornya.Kawasaki ninja 250 cc generasi pertama (Karburator) sejak di keluarkan hingga kini sudah menginjak dekade kedua,di usianya yang tidak muda lagi pastinya motor tersebut sudah banyak perubahan pada semua komponennya terutama pada motor kawasaki ninja 250 yang masih mengadopsi sistem manual atau sistem karburator untuk pengkabutnya.

Motor ninja 250 generasi pertama : Foto m_aris

Terjadinya brebet pada motor kawasaki ninja 250 disebabkan karena kondisi yang sudah tidak seperti keadaan baru lagi sehingga terdapat celah-celah, karena sudah tidak presisi ,tidak menutup kemungkinan dengan adanya celah tersebut sesuatu bisa masuk kedalamnya ,terutama pada box filternya yang sudah nampak tidak elastis lagi pada karet-karet manifoldnya juga penutup Filternya.motor ninja 250 cc yang pertama keluaran pabrikan yang berlambang "K" tersebut masih mengadopsi sistem pengkabutnya menggunakan karburator,tak heran jika di awal penghujan ini,apalagi mau menjelang tahun baru tak henti-hentinya hujan gemericik dari pagi,siang bahkan sampai malam hujan terus menerus,sedangkan untuk aktifitas dan kebutuhan pokok tak mungkin bisa di tunda apalagi jika harus membeli kebutuhan pokok yang jauh pergi ke pasar,dengan kondisi yang hujan tersebut terpaksa mengeluarkan kendaraan kesayangan kita satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Terjadinya Brebet pada motor ninja 250cc pada saat di tarik gas rpm bawah sampai rpm tengahnya tidak tertutup kemungkinan ada air yang masuk kedalam karburator maupun saringan udaranya bahkan bisa juga ada air yang mengendap pada kabel pengapiannya karena habis di bawa hujan-hujanan,hal tersebut bisa saja terjadi pada motor tersebut sekingga membuat kita tidak nyaman bahan motor tersebut tidak bisa jalan dengan normal,guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan,segera melakukan tindakan dengan membuka dan memeriksa komponen-komponen beikut ini .

1.Saringan udara.

Untuk membuka saringan udara motor ninja 250 sangat mudah dan tidak repot,karena posisi saringa udara tersebut berada di sebelah kanan yang tertutup cover bodi kecil yang warna hitam tepat di bawah jok depannya,kita hanya tinnggal membuka baut L nya saja yang bautnya hanya satu,kemudian buka baut penutup saringan udaranya menggunakan obeng plus yang bautnya ada tiga buah,setelah itu lalu keluarkan dengan hanya ditarik saja saringan udaranya lalu bersehkan atau di semprot.

2.Karburator.

Untuk membuka karburator motor ninja 250,tentunya harus dengan teliti dan tentunya harus di kerjakan dengan yang ahlinya atau di bawa ke bengkel terdekat saja,karena karburator motor ninja 250 posisinya di tengah-tengah yang di apit dengan ranka motornya dan berada di bawah tangki motor tersebut,selain harus membuka tangkinya,faiting-fairingnya pun harus di lepaskan supaya lebih leluasa dalam membuka karburator tersebut,makanya harus di kerjakan dengan mekanik,namun jika hobi oprek dan mau membuka dengan sendiri sebaiknya ikuti tutorial cara membukanya. 

2.1.Buka Jok Depannya.

Untuk membuka karburator motor ninja 250,setelah mebuka cover bodi yang kecil tadi saat membuka saringan udara,keduanya di buka,lalu buka jok depannya menggunakan kunci L 5mm yang terpasang di kanan kiri jok tersebut ,kemudian lepaskan.

2.2. Buka Tangkinya.

Untuk membuka tangki motor ninja 250,menggunakan kunci T 10mm,tentunya setelah membuka kedua sayap atau fairing kanan kirinya dengan menggunakan kunci L 4 dan 5mm,tentunya dengan membuka baut pin nya.

2.3. Buka Baut Dan Geser Box Filter.

Buka baut pengikat box saringan udara atau box filter lalu geser kebelakang tentunya setelah melepaskan selang dan baut manifold karburatornya,untuk memudahkan saat mengeluarkan karburator dari mesinnya.

2.4. Lepaskan Karburator.

Setelah baut baut yang mengikat pada manifold depannya dan juga setelah melepaskan kedua kabel gas dan kabel choke nya,kemudian lepaskan dan keluarkan karburatornya,setelah karburatornya berada di luar kemudian buka lalu bersihkan,di dalam karburator tersebut pastinya ada air yang bercampur dengan bensin,seperti gambar di bawah.

Dengan membersihkan karburatornya brebet hilang : Foto m_aris

Untuk membuka karburatornya harus dengan teliti jangan sampai ada satu pun parts di dalam karburator yang hilang atau rusak karena kecerobohan dalam membukanya,begitupun saat mau di pasangkan kembali jangan sampai ada satupun parts karburatornya yang ketinggalan karena parts-parts di dalam karburator tersebut fungsinya sangat vital sekali yang sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin motor ninja 250 cc tersebut,makanya harus benar-benar talitu dengan cermat memasangkan karburator tersebut supaya saat di pasangkan kembali ke mesinnya,motor akan kembali normal bukan nya malah bertambah parah he...

Setelah langkah tersebut selesai di kerjakan untuk tahap berikutnya.

3.Buka Kedua Businya dan Bersihkan.

Untuk membuka busi motor ninja 250 harus menggunakan kunci busi yang panjang,karena posisi businya berada di tengah-tengah silinder headnya yang dalam ,untuk persamaan kunci businya bisa menggunakan kunci busi motor satria FU yang juga panjang,setelah di buka lalu bersihkan jika perlu bisa di gantinya dengan yang baru.

Setelah semuanya selesai,kemudian pasangkan semua komponen yang sudah di bersihkan tadi,tentunya pada tempatnya seperti semula dengan langkah - langkah seperti ketika saat membukanya,lalu hidupkan motor tersebut,dan pastinya motor Ninja 250 cc akan kembali normal dan tidak brebet lagi.

Demikian posting Kawasaki Ninja 250 Brebet?Periksa Karburatornya,semoga bermanfaat

Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger