Langsung ke konten utama

Kode Bearing Roda Belakang Semua Motor Matic

Dalam dunia otomotif khusunya dunia perbengkelan baik bengkel mobil maupun bengkel motor sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bearing,ya Bearing,Bearing adalah istilah kata orang bule jika di terjemahkan menjadi laher atau laker namun para insinyur menyebutnya bantalan bukan bantal ya he,tapi kita juga enaknya sih menyebutnya dengan kata Bearing itu lebih pas kayanya atau kita sebut semuanya aja biar lebih adil.

Ilustrasi ball bearing : indoparts.id

Langsung ke topiknya aja Bearing adalah sebuah bantalan berfungsi menopang sebuah sumbu atau As ,baik sumbu roda maupun sumbu mesin atau cranksaft agar sumbu tersebut bisa berputar dengan simetris dan lembut sekaligus mampu meredam getaran saat roda maupun cranksaft dalam putaran tinggi,Bearing terdiri dari beberapa tipe dan disesuaikan dengan kemampuan bearing itu sendiri diantaranya bearing yang digunakan untuk mengangkat atau memutar beban radial dan beban aksial,untuk memutar beban Radial menggunakan bearing tipe balls bearing dan rolls bearing kedua bearing tersebut juga dibagi menjadi dua kategori beban tinggi dan beban sedang yaitu menggunakan tipe balls bearing salah satunya untuk menopang beban roda motor maupun roda mobil yang di sesuaikan dengan Dimensi bearing itu sendiri dengan menggunakan kode yang tertera pada bearing tersebut,Nah kode bearing itulah yang menentukan seberapa besar Diameter sumbu dan penampang yang akan di topang oleh bearing tersebut contohnya pada bearing dengan kode 6205-zz maka Dimensi bearing tersebut adalah 15 x 52 x 25 maka sumbu atau penampang yang cocok yaitu berDiameter 52mm buat penampang,25 mm buat sumbu/asnya dan 15 mm untuk kedalaman atau coakan penampangnya.Nah untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel di bawah :

Tabel Kode Bearing Roda Belakang Semua Jenis Motor Matic


Motor Matic Honda

Tipe MotorKode Bearing Roda Belakang Motor Matic
Kode BearingDimensi
Honda Vario 1256205-2RS15 x 52 x 25
Honda Vario 1506205-2RS15 x 52 x 25
Honda Vario 110 fi60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Vario 110 (karbu)60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Beat (karbu)60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Beat Fi60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Scoopy Fi60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Scoopy (karbu)60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda Beat Street60/22-2RS12 x 44 x 22
Honda PCX 1256205-2RS15 x 52 x 25
Honda PCX 1506205-2RS15 x 52 x 25
Honda ADV 1506205-2RS15 x 52 x 25
Honda Vario 1606205-2RS15 x 52 x 25
Honda Spacy Fi60/22-2RS12 x 44 x 22

Motor Matic Yamaha

Tipe MotorKode Bearing Roda Belakang Motor Matic
Kode BearingDimensi
Yamaha Nmax 1556205-ZZ15 x 52 x 25
Yamaha Nmax 1556205-ZZ15 x 52 x 25
Yamaha Aerox 1556205-ZZ15 x 52 x 25
Yamaha Lexi 1556205-ZZ15 x 52 x 25
Yamaha Mio sporty6004-ZZ12 x 42 x 20
Yamaha Mio Soul6004-ZZ12 x 42 x 20
Yamaha Mio M362/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha Mio Z 12562/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha Fino 11562/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha Fino 12562/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha Xeon 12562/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha GT 12562/22-ZZ14 x 50 x 22
Yamaha Fino (karbu)6004-ZZ12 x 42 x 20

Motor Matic Suzuki

Tipe MotorKode Bearing Roda Belakang Motor Matic
Kode BearingDimensi
Suzuki Address6203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki Nex6203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki SkyWave6203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki SkyDrive6203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki Spin 1256203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki Hayate6203-ZZ12 x 40 x 17
Suzuki Address6205-ZZ15 x 52 x 25
Suzuki Address6205-ZZ15 x 52 x 25

Motor Matic Kawasaki

Tipe MotorKode Bearing Roda Belakang Motor Matic
Kode BearingDimensi
Kawasaki J1256203-ZZ12 x 40 x 17


Keterangan :

Untuk Kode bearing dengan nomor yang sama pada semua jenis motor maka bisa diaplikasikan pada motor yang lainnya.
  • Kode ZZ = (Zinc) yaitu menggunakan tutup pada bearing menggunakan bahan seng.
  • Kode 2 RS = (Rubber Seal) atau menggunakan penutup bearing menggunakan karet pada kedua belah sisinya.
  • Sementara untuk Dimensi Angka pertama contohnya 15 = Untuk ketebalan atau tinggi bearing menggunakan satuan milimeter (mm).
  • Angka Kedua 52 = Ukuran Diameter Luar Bearing yaitu 52 milimeter (mm).
  • Angka terakhir yaitu 25 = Untuk Ukuran Diameter Dalam pada bearing atau Diameter As roda belakangnya 25 milimeter (mm).

Jika ada salah atau kekeliruan dalam menyampaikan tulisan dan menempatkan kode tersebut,kiranya bersedia memberikan kritikan yang membangun.

Demikian Posting kali ini ,semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger